A. Penalaran : prses berfikir logis dan sistematik untuk membentuk dan mengevaluasi suatu keyakinan terhadap suatu pernyataan atau asersi.

Unsure dan komponen penalaran :
1. Pernyataan atau asersi : penegasan tentang suatu realitas yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau ungkapan.
2. Keyakinan : Kebersediaan untuk menerima bahwa suatu asersi adalah benar tanpa memperhatikan apakah argumen valid atau tidak atau apakah asersi tersebut benar atau tidak.
3. Argument : serangkaian asersi beserta keterkaitan dan inferensi /penyimpulanyang di gunakan untuk mendukung suatu keyakinan.

B. Konsep dasar palton dan liteton
1. Kesatuan usaha
2. Kontinuitas usaha
3. Penghargaan sepakatan
4. Upaya dan hasil
5. Asumsi
6. Bukti terverifikasi dan objektif

C.
1. Tujuan fungsional adalah tujuan masyarakat atau organisasi secara keseluruhan tanpa memperhatikan tujuan/motivasi masing-masing individual di dalamnya.

2. Tujuan bersama adalah satu atau beberapa (subhimpunan) tujuan individu yang sama dengan tujuan individual lainnya.

3. Tujuan kelompok dominan adalah kelompok yang konsekuensi keputusan atau tindakannya mempengaruhi secara kuat semua anggota masyarakat. A

D. Atas dasar yang ingin di capai TA dibedakan menjadi 2 yaitu :
1. Teori positif : menjelaskan fenomena akuntansi seperti upaya adanya atas dasar pengamatan empiris
2. Teori normative : menjelaskan fenomena akuantansi untuk menjustifikasi / membenarkan perlakuan ( struktur) akuantansi karena tujuan tertentu akuntasi harus di capai

E. Atas dasar sasaran semiota akuantasi dapat di bedakan :
1. AK semantic : menekankan pembahasan pada masalah penyimbolan dunia nyata /realitas/ kegiatanperusahaan kedalam tanda-tanda bahasa akuntasi , sehinga orang dapat membayangkan kegiatan fisis perusahaan tanpa harus menyaksikan kegiatan tersebut secaralangsun.

2. AK sintaktik : teori yang berrientasi untuk membahas masalah tentang bagaimana kegiatan- kegiatan perusahaan yang telah di simbolkan secara semantic di dalam elemen- elemen keuangan dapat di tujukan dalam bentuk statemen keuangan.

3. AK pragmatic : memusatkan perhatinya pada ppengaruh informasi terhadap perubahan perilaku pemakai pelaporan . maksudnya : teori ini membahas reaksi pihak yang di tuju oleh informasi akuntansi.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel